Sabtu, 03 November 2012

Training Kehumasan KAMMI UGM


          Untuk meningkatkan kapasitas pengurus KAMMI Komsat UGM mengadakan training kehumasan pada 12 Oktober 2012 di Islamic Centre Al Muhtadin. Mengisi kegiatan ini Edo Segara (Penulis buku Humas Gerakan) dan Vivit Nur Arista Putra (Humas KAMMI Daerah Sleman). Acara yang dihadiri internal pengurus KAMMI UGM ini berlangsung interaktif.

          “Konsistensi gerakan untuk menerbitkan buletin sedang diuji dengan adanya media online. Sebagai contoh adanya majalah cuma-cuma (bisa didownload) edisi online seperti majalah detik adalah untuk merespon perkembangan teknologi dan trend masa kini. Di kota besar seperti Jakarta, umumnya masyarakat punya gadget untuk membaca informasi online, sebagai selingan agar tidak melulu memikirkan macet. Buletin KAMMI pun harus bergerak di media online” pesan Edo.

          Eks humas PP KAMMI Pusat ini juga menyatakan, pengelolaan media juga harus mempunyai misi untuk menyampaikan kebenaran dan mencegah kemungkaran. Eksis tidaknya buletin atau media online juga menunjukkan eksistensi gerakan.

          Berperan sebagai pembicara kedua Vivit N.A. Putra menyampaikan tentang strategi tulisan menembuh media massa. “Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum kita menulis artikel ke surat kabar. Idiologi koran, rubrikasi, syarat penulisan, dan momentum” jelasnya. Mengirimkan realease dan dokumentasi kegiatan KAMMI di media massa selain mencitrakan gerakan ke luar juga dapat membangun relasi dengan para wartawan.

          Penulis lepas di media massa ini juga mengungkapkan untuk mengelola buletin, redaksi harus memperhatikan sasaran pembacanya. Jika buletin KAMMI orientasi pembacanya adalah masyarakat kampus, maka isu yang diulas pun harus berkaitan dengan kondisi kampus. Jika buletin menggagas tema artikel dan liputan beritanya berkait isu nasional, secara analisa dan peliputan lebih bagus media profesional. Sehingga pembaca lebih cenderung memilih surat kabar berkaliber nasional ketimbang buletin KAMMI.

          Perlu diingat corak gerak KAMMI Komsat adalah intelektual akademis. Isu yang diulas pun seyogianya berhubungan dengan realitas kampus. Sedangkan isu daerah dan nasional itu menjadi domain gerak KAMMI Daerah dan KAMMI Pusat.


Humas KAMMI Daerah Sleman
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar